Ini Rahasia Cara Memiliki Dana Darurat.

dana darurat

Hal pertama tentang dana darurat dan yang sangat penting yaitu : Semua orang bisa memiliki Dana Darurat.

Tidak perduli berapa penghasilan Anda, sedikit ataupun banyak, tidak penting berapa hutang atau cicilan Anda dan berapa banyak pengeluaran Anda per bulan. ANDA BISA punya Dana Darurat.

Sisihkan minimal 2,5% dari penghasilan Anda setiap bulan. 2,5% ini angka yang sangat kecil. Jika penghasilan Anda Rp2jt, maka Anda perlu sisihkan Rp50.000,- per bulan atau Rp 1.667,- per hari. Jika penghasilan Anda Rp20jt per bulan , maka perlu disisihkan Rp500ribu per bulan.

Tentunya semakin besar persentase yang Anda sisihkan akan semakin baik. Perencana Keuangan menyarankan Anda menyisihkan 10-20% per bulan dari penghasilan Anda untuk ditabung sebagai dana darurat. Anda perlu memiliki memiliki Dana Darurat minimal 3 kali pengeluaran bulanan Anda. Jika pengeluaran per bulan 2jt, maka perlu punya Dana Darurat minimal Rp6jt.

Hal yang besar dimulai dari hal yang kecil, Dana Darurat sebanyak 3x pengeluaran bulanan hanya bisa dimiliki dengan menyisihkan angka yang kecil. Menyisihkan 2,5% dari penghasilan adalah sangat bisa dan masuk akal.

Apa Manfaatnya Dana Darurat ?

Saat ini ditulis, beberapa sektor pekerja tidak lagi mendapatkan penghasilan atau penghasilan sangat berkurang karena dibatasinya aktivitas karena wabah Covid-19. Sementara itu pengeluaran bulanan tidak bisa berkurang, biaya listrik, telp, biaya sekolah, makan, tempat tinggal, cicilan kendaraan, dsb. Di saat seperti inilah kita bisa menggunakan dana darurat.

Mau Punya Dana Darurat ? Anda bisa, kuncinya DISIPLIN, DISIPLIN sisihkan minimal 2,5% dari penghasilan Anda.

2 thoughts on “Ini Rahasia Cara Memiliki Dana Darurat.

  1. Yoppy Prasetya says:

    Kan disebutkan bahwa jumlah dana darurat itu 3 × pengeluaran bulanan. Apakah pengeluaran bulanan yang dimaksud itu termasuk cicilan bulanan juga?

    • Persiapan Dana Darurat sebesar 3x pengeluaran bulanan itu termasuk juga cicilan bulanan. Karena jika terjadi kondisi keuangan maka cicilan bulanan akan terkena dampaknya, dan kita akan kesulitan membayar cicilan. Itu yang terjadi saat ini saat ada pembatasan karena wabah covid-19

Leave a comment